Laman

Minggu, 22 Februari 2015

Dicium Abdi Dalem Keraton Jogjakarta




HELLOBEACHES
Part 6

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat




    Hari ini ada kejadian yang tak terduga dan baru pertama kali saya alami selama di jogja, hehehe jadi kejadiannya begini. Siang ini karena saya pindah hotel ke daerah sosrowijayan (dengan alasan biar deket kalo mo belanja,karena bisa menghemat biaya transportasi daripada harus sewa becak setiap ingin ke malioboro,duit menipis soalnya hehehe) Nah saya check in sekitar jam 10, saat dikamar saya mengingat-ingat lagi, tempat wisata di kota Jogja mana lagi yang saya ingin datangi? dan saya teringat, waktu awal kedatangan saya ke Jogja saya ingin ke Keraton!, karena kesibukan saya kemarin saya belum sempat buat explore Keraton. Padahal kalau mau dibilang TURIS MACAM APA SAYA INI KALAU KE JOGJA BELUM KE KERATON??!! HAHAHAHAHAHAHAHA.
    Saya check internet jam buka dan tutupnya Keraton, dan ternyata tutupnya sekitar jam 2 siang. Saya lihat jam ternyata sudah jam 10, akhirnya saya cepat-cepat mandi walau sebenarnya badan rasaya mau remuk abis bawa tas punggung yang beratnya sekitar 10 kiloan (berat di baju kotor) keliling jogja,karena saya harus menunggu agak siangan untuk check in (gara-gara capek saya putuskan untuk early check ini huhuhu).
   
      

       Akhirnya setelah selesai mandi, saya langsung beranjak dari hotel mencari becak untuk ke keraton, Singkat cerita saya akhirnya sampai di keraton dan membayar tiket masuk keraton. Oh iya untuk kalian yang bawa kamera nanti akan dipungut biaya sebesar Rp.1000 sajaaaaaa, ga mahal kan?,  bagi kalian yang mungkin membutuhkan guide untuk menjelaskan seluk beluk sejarah Keraton, kalian bisa meminta ke counter masuk Keraton (biasanya sih suka ditawarin)
      Terakhir saya masuk keraton itu waktu saya masih SD atau SMP, saya lupa :( Saya lupa bagaimana dan ada apa di dalam keraton (saya ga ngerti dulu di keraton ada apaan). Tapi yang jelas, ini adalah pertama kalinya saya masuk Keraton dalam kurun waktu 15 tahun HAHAHAHAHA.
Kesan pertama saya masuk Keraton Jogja adalah saya seperti masuk ke mesin waktu dan kembali pada masa abad 18-19. Nuansa Jawanya kental luar biasa, Abdi dalem yang selalu setia dan ramah kepada setiap orang-orang yang berkunjung ke keraton. 
     Awal masuk saya disuguhkan tarian jawa (saya ga tau namanya), satu kata buat tarian itu ANGGUN. Luar biasa anggun dan indah tarian yang disuguhkan di Keraton Jogja ini, penarinya ayu-ayu loh, sampai-sampai saya terdiam dan keasikan menikmati pertunjukan tarian itu, hingga saya tidak sadar jam menunjukan pukul 12 siang. Well saya harus segera beranjak karena saya tidak ingin melewatkan apapun yang ada di Keraton Jogja ini.





   
     Nah disaat saya berkeliling Keraton, saya didatangi salah satu Abdi dalem yang sudah opa-opa sekitar 80an tahun, Dia menjelaskan kepada saya urutan ruangan-ruangan mana saja yang bisa dilihat dalamnya. Dia begitu antusias mengajak saya dan orang-orang lain disekitar saya untuk masuk melihat koleksi lukisan Sultan-Sultan Hamengkubuwono, dan dia tidak segan-segan mengajak saya untuk foto bareng. Aduh saya simpati banget sama opa ini, saya jadi teringat dengan Alm opa saya huhuhuhuuhu.
     Saya melihat-lihat setiap lukisan dan foto para raja-raja Jogja ini, dan bagaikan masuk ke dunia lain dengan waktu yang berbeda, sungguh membuat saya terkagum-kagum. Saya berasa masuk ke jaman abad 18, pokoknya seneng banget bisa ngerasa ternyata budaya kita bener-bener indah.
     Nah kejadian lucu mulai terjadi di penghujung bangunan yang menampilkan lukisan 3D para sultan yang dibuat oleh maestrooo sepanjang waktu tak lekang oleh jaman dan paling dihormati seantero Nusantara, siapa lagi kalo bukan opa RADEN SALEH!!
     Kejadiannya begini, waktu saya masuk ke satu ruangan lukisan paling ujung, saya ngeliat si opa tadi yang nyapa saya waktu baru masuk ruangan lukisan, ternyata lagi sama seorang turis cewe, si opa memegang tangan si cewe ini, dan semacam ngeramal ato ngomong apa saya juga ga gitu denger. Karena penasaran saya pantengin di depan pintu keluar, sambil ngeliatin pemandangan sekitar, pada saat yang sama si opa dan si cewe ngikut saya keluar, hahahaha setelah cewe itu pergi, si opa ngeliat saya dan nyapa saya lagi. Disitu tangan saya dipegang sama dia dan dia mengucapkan terima kasih (dalam bahasa jawa, saya ga ngerti dia ngomong apa sebenarnya karena dicampur pake bahasa jawa) Intinya mah ngomong terima kasih sudah datang ke keraton dan tertarik lihat-lihat disini. Perasaan saya entahlah, antara terharu sama agak-agak takut (hahahaha abisnya dipegang tangan saya) tapi saya ga mau suudzon, kasihan dia udah tua mungkin dia butuh temen ngobrol atau enggak dia kangen cucu-cucunya. Saya bener-bener ngerasa Abdi dalem ini ramah-ramah banget, mereka ga minta imbalan uang atau apa tip aneh-aneh loh.
     Nah karena saya baru pertama kali (di umur segini) ke Keraton, saya ga tau kenapa Abdi dalem ini pada nyapa saya ramah banget. Di Jakarta saya jarang bahkan ga pernah dibeginiin, jadinya saya agak takut tapi dalam satu sisi saya bener-bener terharu sama opa ngeliat keramahan beliau. Namun karena saya ingin melanjutkan perjalanan saya menyusuri Keraton akhirnya saya pamit sama si opa Abdi dalem, Nah pas saya pamit mo liat-liat lagi (tetep dipegang tangannya) akhirnya dia peluk saya dan pipi saya dicium sama si opa!! HAHAHAHAHAHAHAHA. kalau orang-orang kota seperti saya ini, sebenernya saya ngerasa agak creepy sih dicium sama stranger tapi sekali lagi disini saya ga mau suudzon, menurut saya, beliau ga mikir macem-macem, beliau sangat antusias kalo liat anak-anak muda seperti saya mau datang ke Keraton. Buktinya saya aman-aman aja melanjutkan perjalanan saya. Pas dipeluk sama si opa Abdi dalem, saya bener-bener ngerasa kayak opa sendiri yang meluk dan sekejap pula saya jadi kangen sama Alm. Opa saya, haahahaha perasaanya antara terharu dan seneng hehehe.
   



     Pokoknya hari ini saya puas keliling Keraton dan puas juga ngobrol-ngobrol sama Abdi-Abdi dalem di Keraton. Oh iya bagi kalian yang baru pertama kali kesini atau pingin kesini lagi, harap mematuhi peraturan yang udah dibuat disana ya, karena banyak orang (khususnya turis lokal yang sering bandel,saya ga mau rasis tapi emang kenyataannya begitu *sedih ) misalkan udah ada tulisan dilarang foto, nah masih banyak noh yang berusaha moto bareng sampe-sampe Abdi dalemnya marah-marah hehehehe. Menurut saya sih belajar hormatin & patuhin pantangan yang dibuat ga ada salahnya dong?
     jangan bosen buat explore Jogja karena kalau kamu peka, disini budayanya kental banget and banyak yang bisa kamu pelajarin di setiap perjalanan kamu (makanya bisa jadi kota wisata yang dikenal mancanegara) Happy holiday guys!! xoxo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar