Laman

Kamis, 19 Februari 2015

A joyful breakfast at prawirotaman market

HELLOBEACHES part 5


edisi pasar tradisional


        Hari ini saya cukup terkaget-kaget karena ternyata saya bisa bangun pagi (lagi). Entah apakah kalau di Jakarta saya selalu tidur subuh dan bangun siang, yang jelas pada saat saya sampai di Jogja, saya begitu antusias karena kali ini saya traveling sendirian!. Kebanyakan orang mungkin akan lebih suka berpergian dengan pasangan ataupun teman-teman rombongan, memang saya akui kondisi di perjalanan bisa lebih menyenangkan dan jauh dari kata bosan, tapi traveling sendiri juga mempunyai kesenangannya sendiri loh.
       Oke balik ke topik, karena bangun pagi maka saya ga mungkin dong cuma leyeh-leyeh di kamar?terlalu sayang apabila kita sudah di jogja lalu tidak menikmati keindahan paginya bukan? HAHAHAHAHA. Akhirnya saya beranjak dari tempat tidur saya untuk berkeliling jalan prawirotaman (saya kebetulan kalo ke jogja pasti menginap di guesthouse kesayangan saya di daerah prawirotaman hehehe) dan pinginnya sih cari tempat yang biasa didatangi oleh orang lokal dan saya mencoba untuk berjalan-jalan sekitar prawirotaman, dan jreenggg saya menemukan pasar tak jauh dari guesthouse saya.
        Tidak menunggu lama, saya pun masuk ke dalam pasar dengan harapan saya menemukan makanan khas orang jogja disini. Dan ternyata jreng jreng jreng! disini banyak cemilan-cemilan pasar di sepanjang jalan ketika kalian memasuki pasar ini. Mulai dari cemilan yang umum ditemukan di pasar hingga cemilan khas kota jogja itu sendiri. Disini saya membeli beberapa cemilan pasar, dan favorit saya adalah lupisnya!. Aduh pokoknya saya sebagai pecinta cemilan bisa kalap kalau kesini, banyak cemilan khas yang bisa dibeli, agak berbeda dengan cemilan-cemilan sekitar prawirotaman lain yang didominasi dengan roti-roti ala bule. hehehe




       Saya keliling dan mengambil beberapa foto (tapi bukan foto cemilannya), nah enaknya traveling sendiri, kalian bisa menikmati setiap inci dari tempat yang kalian kunjungi tanpa harus kompromi dengan teman atau pasangan kita. Kita bisa kemana saja, tanpa harus memikirkan perasaan dan keadaan orang lain. Jadi saya puas-puasin dah itu keliling pasar, melihat setiap kebiasaan orang-orang jogja saat di pasar. 
      Setelah capek keliling pasar, saya pun lapar (ga cukup emang kalau cuma ngemil), saya memutuskan mencari tempat makan yang ramai dikunjungi, dan akhirnya saya melihat satu tempat makan sederhana yang penuh orang. Saya mendekat dan penasaran, ternyata tempat makan itu menyediakan soto bening dengan nama soto daging pak Iri. 
       Karena lapar, saya malas memilih-milih lagi, melihat ada tempat makan yang rame berarti disitu enak hehehe. Saya memesan soto campur + usus/babat goreng, warna sotonya bening dan rasanya hmmmm mungkin lidah saya sudah terbiasa sama soto kuning yang ada di Surabaya dan soto mie di Bogor kali ya, jadi menurut saya rasanya biasa saja tapi cukup enak untuk mengisi perut yang kosong. Rasanya segar dan tidak membuat saya enek, sarapan yang indah untuk pagi saya di jogja.
       Harga per porsinya ialah Rp.7.500 ditambah usus/babat goreng Rp.7.500 plus es teh manis pokoknya totalnya hanya Rp.17.000, menurut saya cukup murah karena kalau kalian mau bandingan dengan sarapan di cafe-cafe dan restaurant di sekitaran prawirotaman.
        Oh iya denger kabar burung, katanya ada mie godok enak di sekitaran pasar cuma saya kepagian datangnya jadi masih tutup, ya sudahlah mungkin besok saya kesana (kalau bangun pagi lagi hehehe).
Well ngemil sudah, sarapan pun sudah, pagi ini saya sangat puas keliling prawirotaman walau hanya sebentar. Saya sempat berjalan menyusuri prawirotaman 2 saat perjalanan pulang saya ke guesthouse.
      Saya kembali tidur karena jujur aja ini bukan jam saya untuk bangun sebenarnya hehehe, saya tidur dengan perut kenyang dan puas! Sunggu senang traveling sendirian. Nanti saya akan bahas enaknya traveling sendirian, namun sebelumnya saya mau menikmati kota Jogjakarta dulu :) Xoxo

       


       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar